Text
Jaminan Mutu Layanan Kesehatan
Pelayanan Kesehatan menyumbangkan banyak hal kepada pelayanan kesehatan, baik yang menyangkut organisasi, perencanaan atau penyelenggaraan pelayanan kesehatan itu sendiri, sehingga pendekatan Jaminan Pelayanan Kesehatan merupakan salah satu perangkat yang sangat berguna, baik bagi pengelola pelayanan kesehatan ataupun pemberi pelayanan kesehatan yang secara langsung melayani pasien. Keberhasilan penerapan Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan dapat menghindarkan terjadinya keluhan atau kritikan pasien, sehingga keluhan pasien menjadi Kepuasan pasien, sedang bagi penyelenggara pelayanan kesehatan akan menimbulkan suatu kepuasan kerja yang akan muncul tanpa terduga. Dapat dianggap bahwa jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Merupakan penjabaran pelaksanaan Etika Profesi dalam Berinteraksi dengan pasien, maka malpraktek dalam pelayanan kesehatan tidak mungkin terjadi, sehingga profesi pelayanan kesehatan akan terhindar dari segala tuntutan pasien yang mungkin timbul kemudian. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan merupakan suatu sasaran yang selalu bergerak ke arah yang lebih baik dan agar dapat menyinggung kisaran bergerak tersebut, maka perlu diwujudkan pelayanan kesehatan hari ini harus lebih baik dari kemarin dan besok harus lebih baik dari pelayanan kesehatan hari ini. Proses Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan tidak pernah berhenti, ditujukan untuk mengumpulkan dan mengulas balik informasi dalam semua aspek pelayanan kesehatan, memperhatikan kecenderungan dan penyimpangan dari Standar Pelayanan Kesehatan yang ditetapkan, memberi umpan balik dan solusi terhadap masalah yang ditemukan. Kegiatannya terintegrasi dengan manajemen pelayanan kesehatan yang efisien, dengan melibatkan profesi pelayanan kesehatan dan semua Petugas Kesehatan pada semua tingkat organisasi pelayanan kesehatan.
190180 | 362.1 IMB j | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain