Text
Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan
Penelitian tidak lagi sekadar menjawab rasa ingin tahu, tetapi kini sudah bergeser menjadi alat menemukan formulasi keputusan untuk berbagai kepentingan dalam kehidupan. Artinya, penelitian bukan sekadar untuk menyelesaikan tugas akademik, meainkan sudah menjadi pekerjaan pnting bagi para pengambil keputusan pada berbagai ragam profesi dan kajian keperilakuan. pada daarnya setiap peneliti berhak memilih metode penelitian mana yang sesuai degan tujuan penelitian, Setiap pendekatan atau metode peneltian masing-masing memiliki keunggulan dan dan sekaigus elemahan. Metode terbaik adaah metode yang cocok dengan tujuan penelitian. setiap metode memiliki karakteristik yang unik selaras dengan dasar falsafah pndekatan penelitian yang dipih. Pada awalnya pendekatan penelitian hanya dikenal pendekatan kualtatif dan kuantitatif. Dalam perkembanganny, ketika penggunaan satu metode tidak dapat menjelaskan seua permsalahan yang dihadapi, maka berkembang metode lain yang disebut metode campuran. Penelitian belakangan ini telah berkembang sedemikian rupa seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Hal ini sejalan dengan pendapat Lincoln dan Guba (1986) yang menyatakan penelitian tidak pernah berhenti pada suatu titik tertentu.
220297 | 001.42 RUL m | Perpustakaan Unsub | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain